Ming. Feb 5th, 2023

                                    Fakta-Fakta Tentang Program Kartu Prakerja Gelombang 45

Kartu prakerja merupakan program yang diperuntukkan bagi pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pengusaha mikro dan kecil. Dapat diketahui bahwa program tersebut berupa pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang berupa bantuan biaya.

Tujuan dari program ini adalah untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja yang baru, meningkatkan produktivitas, daya saing angkatan kerja, dan bagi pengusaha mikro untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan. Program prakerja ini diluncurkan gelombang pertama pada tanggal 11 April 2020. Dimana pada tahun tersebut masyarakat Indonesia sedang terdampak wabah virus corona, sehingga banyak masyarakat yang terkena PHK, kemudian banyak yang menganggur. Untuk itu program kartu prakerja sangat membantu bagi masyarakat Indonesia terutama yang terdampak wabah tersebut. Hingga sekarang tahun 2022 sudah mencapai gelombang 45.

Berikut akan dipaparkan fakta-fakta mengenai program kartu prakerja gelombang 45

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 45

Saat ini program Kartu Prakerja hanya diberikan untuk masyarakat yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah. Dengan syarat pendaftaran sebagai berikut.

  1. Seorang pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  2. Warga Indonesia dengan usia paling rendah yaitu 18 tahun dan tidak mengikuti pendidikan formal.
  3. Bukan penerima bantuan social lainya selama pandemi Covid-19
  4. Syarat yang selanjutnya yaitu bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  5. Penerima Kartu Prakerja maksimal 2 NIK dalam satu KK.

Dengan mengetahui apa yang menjadi syarat untuk mendaftar program Kartu Prakerja gelombang 45, Anda akan lebih paham siapa saja yang diperbolehkan mendaftar program kartu prakerja. Sehingga, program tersebut bisa tepat sasaran diberikan kepada yang membutuhkan.

Cara Agar Lolos Seleksi Prakerja Gelombang 45

Peserta yang belum memiliki akun Kartu Prakerja dapat melakukan pendataran terlebih dahulu melalui website prakerja.go.id, sedangkan peserta yang sudah mendaftar bisa langsung klik gabung gelombang untuk mendaftar gelombang 45. Berikut cara agar lolos seleksi prakerja gelombang 45.

Pertama, lengkapi semua persyaratan yang sudah dijabarkan di atas. Calon peserta juga bukan penerima bantuan program pemerintah lainya, seperti Bantuan Sosial Kementrian Sosial, penerima Bantuan Subsidi Upah, Bantuan Produktif Usaha Mikro, atau penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk pemerataan biaya bantuan social.

Kedua, pastikan email dan nomor handphone yang Anda gunakan aktif saat melakukan pendaftaran. Untuk melakukan verifikasi akun dan informasi mengenai Kartu Prakerja dikirim melalui sms atau email.

Ketiga, unggah foto KTP dengan jelas, foto yang di unggah pastikan bukan dari galeri melainkan langsung dari kamera handphone yang digunakan. Jika mendaftar melalui komputer usahakan lanjutkan pendaftaran melalui handphone.

Keempat, wajah harus terlihat jelas pada saat verifikasi foto wajah dengan pencahayaan yang terang saat mengambil swafoto dan juga hindari menggunakan aksesoris seperti kacamata, masker, topi, dan lainya. Jangan lupa untuk mengaktifkan lokasi Anda.

Kelima pastikan data yang Anda input sesuai dengan data yang ada di dukcapil. Jika menemui data yang tidak sesuai maka calon peserta dapat menghubungi kantor dukcapil untuk melakukan pengecekan.

Beberapa Manfaat dari Kartu Prakerja Gelombang 45

Masyarakat yang mengikuti program Kartu Prakerja akan mendapatkan beberapa manfaat, sebagai berikut,

  1. Mendapatkan Pelatihan Kerja

Masyarakat sebagai penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan kartu dalam bentuk saldo digital, dimana saldo tersebut digunakan untuk metode pembayaran biaya satu atau lebih pelatihan yang akan diikuti. Pelatihan tersebut melalui platform digital yang sudah bekerja sama. Dengan adanya program pelatihan kerja tentunya akan menambah wawasan atau untuk meningkatkan soft skill maupun hard skill. Selain itu juga, manfaat pelatihan ini menjadikan bekal untuk berwirausaha dan mencari kerja.

  1. Mendapatkan Insentif Bulanan

Peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja akan mendapat insentif dengan total uang yaitu 3.550.000, dengan rincian sebagai berikut. Bantuan pelatihan sebesar Rp.1.000.000. Insentif yang diberkan ke peserta setelah menjalani program pelatihan sebesar Rp.600.000 per bulan selama 4 buan. Dan insentif survei keaktifan dalam mengikuti pelatihan sebesar Rp.50.000 per survei dengan survei yang dilakukan tiga kali sehingga total akhir Rp.150.000 setiap peserta.

Semua insentif yang diberikan akan disalurkan melalui e-wallet yang didaftarkan atau ditransfer langsung melalui rekening.

  1. Mendapat Sertifikat Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan peserta program Kartu Prakerja gelombang 45 akan mendapat sertifikat pelatihan. Sertifikat ini muncul pada dashboard ketika Anda telah menyelesaikan pelatihan. Sertifikat tersebut paling lambat didapatkan setelah satu hari. Sertifikat tersebut diterbitkan langsung dari lembaga pelatihan yang Anda ikuti. Untuk kekeliruan dalam penulisan nama bisa langsung menghubungi lembaga pelatihan lebih lanjut.

  1. Mendapat Insentif untuk Digunakan dalam Berbagai Keperluan

Berbagai keperluan ini yang dimaksud adalah insentif yang diberikan kepada penerima Kartu Prakerja dijabarkan ke dalam insentif biaya mencari kerja dan pengisian Survei Evaluasi. Insentif ini juga bermaksud untuk meringankan biaya mencari kerja dan biaya hidup serta pelaksanaan evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

Cara Mengetahui Lolos Pendaftaran atau Tidak

Untuk mengetahui lolos tidaknya dapat dilihat melalui notifikasi SMS dan email. Pada waktu pengumuman gelombang, login ke akun Anda lalu akan muncul 3 video tentang Kartu Prakerja. Ke tiga video tersebut pastikan Anda tonton untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja Anda. Jika tidak lolos maka ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun Anda.

Jika belum lolos Anda bisa melihat alasan kenapa tidak lolos yang terdapat di dashboard. Contoh alasan tidak lolos adalah NIK terdaftar di Kementrian Ketenagakerjaan dan masih banyak lagi alasan lainya. Dengan begitu dapat dipastikan terlebih dahulu persyaratan untuk mendaftar apa saja, sehingga tidak kecewa jika didapati tidak lolos pada akhirnya.

Anda wajib menonton 3 video secara keseluruhan sampai selesai karena digunakan untuk melihat nomor kartu prakerja pada menu dashboard.  Anda juga tidak dapat menutup atau mempercepat video jika belum selesai. Jika mengalami kendala saat nonton video dapat menghubungi formulir pengaduan di website prakerja.go.id.

Itu tadi fakta-fakta mengenai program Kartu Prakerja gelombang 45, jika Anda akan mendaftar program Kartu Prakerja gelombang berikutnya harus disiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran. Selain syarat pendaftaran, Anda juga harus mengetahui apa saja manfaat dari program Kartu Prakerja ini. Anda juga harus mempelajari bagaimana cara agar lolos seleksi dan cara mengetahui apakah lolos seleksi atau tidak. Namun, jika belum lolos tidak usah berkecil hati dapat mencoba lagi di gelombang selanjutnya.

 

 

 

By